Kamis, 30 Januari 2020

Makanan Khas Sunda dengan Cita Rasa Gurih, Bikin Nagih!


Makanan bercita rasa gurih memang dikenal bisa menimbulkan efek ketagihan. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan bercita rasa gurih yang berasal dari Tanah Sunda. Mulai dari camilan hingga hidangan utamanya, akan mampu menggugah selera Anda. Berikut 6 rekomendasi makanan khas Sunda dengan cita rasa gurih yang tak boleh dilewatkan begitu saja.
Makanan Khas Sunda dengan Cita Rasa Gurih, Bikin Nagih!
1.   Nasi Liwet
Berbeda dengan nasi liwet khas Solo, nasi liwet khas Sunda sama sekali tak menggunakan santan untuk memasaknya. Rasa gurih yang terasa saat menyantap nasi liwet khas Sunda ini berasal dari kombinasi rempah-rempah di dalamnya saat menanaknya. Pembuatan nasi liwet ini memanfaatkan rempah-rempah seperti bawang putih, daun kemangi, serai, daun salam, dan bawang merah.
2.   Karedok
Anda yang suka bumbu kacang, wajib mencoba makanan asli Sunda yang namanya Karedok. Makanan satu ini bisa dibilang hampir mirip dengan gado-gado. Berbeda dengan gado-gado yang memakai sayuran yang telah direbus, sayuran pada karedok masih mentah. Campuran sayuran seperti kacang panjang, taoge, mentimun, kubis, dan basil nantinya diguyuri dengan bumbu kacang.
3.   Empal Gepuk Daging Sapi
Anda yang suka perpaduan rasa manis dan gurih, patut untuk mencoba empal gepuk daging sapi khas Sunda. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang telah disayat, lalu kemudian dipukul-pukul hingga teksturnya jadi gepeng. Daging yang telah jadi gepeng tadi kemudian dimasak dengan bumbu yang memiliki cita rasa manis. Empal gepuk ini paling cocok disantap dengan nasi hangat.
4.   Empal Gentong
Sajian empal lainnya yang tak boleh dilewatkan begitu saja jika berkunjung ke Tanah Sunda adalah empal gentong. Meski sama-sama terbuat dari daging sapi, cara pembuatan kedua empal ini sangat berbeda. Empal gentong merupakan sajian soto khas Sunda yang di dalamnya terdapat daging sapi dan disajikan bersama kucai dan sambal. Bumbu begitu meresap ke daging karena dimasak dengan gentong. 
5.   Sayur Asem
Siapa sih yang tak mengenal sayur asem? Walau belum pernah mencicipinya, pasti Anda sudah akrab dengan nama makanan satu ini. Sesuai namanya, sayuran khas Sunda ini memang memiliki cita rasa asam, karena penggunaan asam jawa dalam memasaknya.
6.   Mie Kocok
Tanah Sunda memiliki sajian mie khasnya sendiri yaitu mie kocok. Ciri khas dari mie kocok ini adalah isiannya yang berupa mie kuning dengan tambahan irisan kikil yang melimpah. Mie dan kikil ini kemudian disajikan dengan guyuran kuah kaldu yang gurih dan nikmat.
Jika Anda berkesempatan mengunjungi Tanah Sunda, jangan lupa untuk mencicipi setidaknya 6 makanan khas Sunda yang direkomendasikan di atas. Cita rasa gurih yang dimiliki oleh ragam makanan ini, akan membuat Anda ketagihan dan ingin menyantapnya lagi dan lagi. Nah, ingin mulai mencicipi dari makanan yang mana dulu nih?
Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates