Senin, 16 Maret 2020

Bagaimana Cara Mengetahui Perusahaan Pinjol yang Aman?

Semakin banyaknya kebutuhan manusia maka kebutuhan akan keuangan juga semakin bertambah. Bahkan, tak sedikit orang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masih mengalami kekurangan, apalagi jika terdapat suatu kondisi yang mengharuskan ada dana secara mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang memilih untuk melakukan pinjaman uang, tak terkecuali pinjaman online.

Pinjaman Online
Untuk melakukan pinjaman online Anda cukup memiliki ponsel pintar yang telah terinstall oleh aplikasi peminjaman online, maka dalam waktu singkat saja Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu repot datang ke lembaga peminjaman lainnya.

Peminjaman online memiliki metode yang mengatur calon debitur dan penyedia pinjaman agar bertemu secara tidak langsung, yakni hanya melalui platform aplikasi. Fintech atau financial technology merupakan jasa yang menyediakan peminjaman online, pastikan untuk mendapatkan pinjaman bunga rendah.


Tips Memilih Pinjaman Online
1. Tetap Selalu Waspada
Jangan asal-asalan dalam memilih perusahaan penyedia jasa peminjaman online, karena tidak semua perusahaan tersebut memiliki bunga pinjaman yang rendah. Pastikan untuk memilih perusahaan yang telah terdaftar di OJK.

2. Terdaftar di OJK 
OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan suatu lembaga independen yang memiliki fungsi dan tugas, serta wewenang dalam hal pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan juga penyidikan.

Jika perusahaan pinjaman online telah terdaftar di OJK maka perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bagus dan bisa bertanggung jawab apabila terdapat kerugian yang dialami oleh peminjam. Lakukan pengecekan daftar perusahaan penyedia jasa pinjaman online pada website resminya OJK.

3. Perhatikan Syaratnya
Syarat yang bisanya diajukan untuk melakukan pinjaman online hanya KTP. Namun dada beberapa yang memerlukan sejumlah uang terlebih dahulu agar dana pinjaman bisa dicairkan. Jika Anda menemui hal seperti ini maka Anda harus waspada karena bisa saja hal ini merupakan penipuan.

4. Tidak Menyembunyikan Besar Pinjaman dan Biayanya
Setiap perusahaan penyedia jasa pinjaman tanpa agunan online pasti memiliki website resmi yang di dalamnya terdapat berbagai informasi besaran dana yang bisa dipinjam beserta bunganya. Ha ini bertujuan agar calon peminjam tidak merasa dirugikan apabila terdapat perubahan bunga yang mendadak.

5. Mempunyai CS
Customer Service (CS) bisa dijadikan sebagai tolak ukur apakah perusahaan tersebut benar-benar terpercaya atau tidak. Karena hal ini merupakan salah satu syarat yang diajukan oleh OJK agar perusahaan bisa terverifikasi. CS juga harus tersedia untuk melayani keluhan para peminjam, harus kooperatif dan mudah dihubungi.

6. Pelajari Websitenya
Karena pinjaman tersebut merupakan pinjaman online, maka sudah pasti apabila keseluruhan prosesnya terhubung dengan internet. Dan sudah pasti memiliki platform berupa website resmi, pelajari website tersebut, apakah keseluruhan informasinya disampaikan secara jelas.

Anda bisa mengajukan pinjaman secara online di Amartha, karena Amartha merupakan lembaa pinjaman online yang telah berizin usaha dan diawasi oleh OJK dan menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.
Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates